KUNCI JUMLAH BILANGAN WIRID

Tulisan ini orisinil hasil susunan saya dengan sebenarnya. Namun sudah pernah saya posting di Kampus Wong Alus (KWA). Di KWA saya memakai nick name Gus Santri dan email muhammadmubarok17@gmail.com Sedangkan di sini saya menggunakan nick name Gus Itsna yang merupakan nama panggilan asli saya sehari-hari di rumah. Email saya: gus_itsna@yahoo.com Dan di sini tulisan saya tersebut akan saya sempurnakan.

Falak adalah sebuah ilmu yang di dalam dunia pesantren sudah termasuk kelas menengah ke atas. Tidak semua pesantren mengajarkannya. Karena termasuk ilmu yang cukup rumit dan sulit. Falak membutuhkan pengetahuan matematika dan astronomi dengan perhitungan yang menuntut ketelitian tingkat tinggi. Ilmu falak dalam dunia umum disebut dengan ilmu astronomi yang termasuk dalam rangkaian ilmu-ilmu alam. Sedangkan dalam dunia islam, ilmu falak, dipergunakan untuk mengetahui waktu sholat sehari-hari, mengetahui awal bulan hijriyah yang berdasarkan peredaran bulan, dan mengetahui gerhana bulan maupun matahari. Semuanya dikaitkan dengan ibadah muslim.

Namun dalam perkembangannya, ilmu falak, kemudian, juga dipergunakan para ulama untuk perhitungan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya: rezeki, jodoh, karir dll. Bahkan ada suatu cerita yang menyatakan bahwa seorang kiai yang alim ilmu falak bisa menghitung kapan pohon pisang akan tumbang dan kapan bola lampu akan pecah.  Hal itu bukanlah hasil utak-atik mereka. Tetapi muncul dari ilham atau kasyaf ilmu yang dianugerahkan Allah SWT kepada para kekasih-Nya. Kemudian para ulama itu mewariskan kepada generasi penerusnya melalui pendidikan dan kitab karangannya.

Takdir adalah tetap milik Allah SWT. Ilmu manusia hanya menjangkau kemungkinan-kemungkinan berdasarkan sunnatullah. Jadi ilmu falak tidak mendahului takdir. Ia hanyalah ilmu pengetahuan yang tidak boleh mengalihkan kepercayaan kepada Allah SWT. Seperti kita mengetahui bahwa seorang yang rajin belajar akan menjadi pandai. Kemudian kita rumuskan rajin pangkal pandai. Ini tidak mendahului takdir pandai pada orang yang rajin belajar selama tidak diyakini yang membuat pandai itu belajarnya. Karena, kenyataannya, banyak orang yang rajin belajar tetapi tidak pandai-pandai. Yang membuat pandai itu Allah SWT, bukan belajarnya. Yang membuat takdir itu Allah SWT, bukan falaknya.

Kali ini saya akan membahas salah satu kunci jumlah bilangan wirid berdasarkan angka abajadun yang dipakai dalam perhitungan ilmu falak. Angka abajadun tersebut adalah sebagai berikut:

Alif=1, ba’=2, jim=3, dal=4, HA’=5, wawu=6, za’=7, ha’(bukan HA’)=8, Tho’=9, Ya’=10, kaf=20, lam=30, mim=40, nun=50, sin=60, ‘Ain=70, fa’=80, shod=90, qof=100, ro’=200, Syin=300, ta’=400, tsa’=500, kho’=600, dzal=700, dhod=800, dzo’=900, ghoin=1000

Itu adalah kunci ilmu rajah-rajah dan asma’. Cara penggunaan yang paling mudah begini: kalau para sedulur ingin khasiatnya ayat hasbunalloh wa ni’mal wakiil, misalnya. Maka hitunglah semua huruf hasbunalloh wa ni’mal wakiil. Nilai setiap huruf cocokkanlah dengan angka abajadun di atas, lalu dijumlah total. Tenyata jumlahnya 450. Maka rahasia-rahasia ayat hasbunalloh wa ni’mal wakil bisa diperoleh dengan melanggengkan dzikir ayat tsb 450 kali, minimal satu hari sekali. Monggo dilaksanakan, ini benar-benar salah satu rahasia ahli hikmah.


42 pemikiran pada “KUNCI JUMLAH BILANGAN WIRID

  1. Kamarul Zaman

    Assalamu’alaikum wr wb Mas Gus Itsna,izinkan saya untuk konsultasi di blognya Mas

    Gini Mas,dulu saya pernah msk perguruan tpi cuman seminggu, trs saya keluar,ternyata selama ikut perguruan itu dan d ksh amalan dan saya amalkan,selama 3 hari, setelah 3 hari saya ngmng dan ketawa2 sendiri kya org Gila,ternyata yg ngajak ngmng itu jin jahat,Alhamdulillah wkt saya ngmng ma t jin saya selalu menyebut Asma Allah,sepeti jin berapa kali Maksa2 saya ngajak ke Alam Barzah wkt ngmng dgn saya,tpi saya tolak dgn menjwb,Jngn kita mendahului kehendak Allah,nanti juga saya k sana.Pokokx t jin ngotot bngt ngajak saya k Alam barzah,tpi tetap berapa kali saya tolak

    saya ngmng sendiri cuman 1 hari saja soalx (Alm) ibu saya udah mlht dan curiga ama saya, trs ibu saya memanggil guru yg ngajarin saya ilmu kebatinan dan guru ngeluarin jin yg ada d dlm tubuh saya,katax ada 11 jin yg ada d dlm tubuh saya,tpi sayang t guru ngeluarin jin d dlm tubuh saya dgn jin jga,alx pake dupa.

    Setelah d keluarin jinx,besokx tepatx sore hari,saya d ggu ama t jin lagi dgn berupa serangan fisik hati saya yg bicara yaitu d belakang leher saya ada benjolan,trs saya pegang memang betul muncul benjolan,saya panik,tpi Alhamdulillah dlm kepanikkan ada bisikkan untuk membaca HASBUNOLLOH WA NI’MAL WAKIL NI’MAL MAULA WA NI’MAN NASYIIR,trs saya baca anehx tangan kanan saya bergerak sendiri dgn tangn mengejang kaya ada energi,tangan saya bergerak menuju ketmpat bnjolan d belakang leher saya,trs d usap benjolan itu dgn tngn saya,tangan saya mengejang kya ada energi trs tangn saya mengepal trs ada yg bisikin buang k closet ama ke parit kebetulan dpn rmh saya ada parit.Setelah 7x kepalan dan buangan benjolan itu ilang,tpi blm berhenti t jin meng ggu saya, soal d hati saya t jin menggu, dgn bisikkan2 yg menggu saya,trs saya zikir Laa ilaha illollooh,dan ada bisikkan d hati saya untuk menulis lafadz Allah di hati saya ama d jidat saya dgn tangan telunjuk saya,setelah saya tulis saya melihat lafadz Allah d hati saya berwarna Kuning dan merah tapi bxk warna kuning yg saya liat dan kadang Lafadz Allah d hati saya kdng membesar n juga mengecil,wkt lafadz Allah ada d hati saya t jin terbakar,teriak2 kepanasan ktax kita salah pilih orang dan hancur tpi utuh kmbli t jin,t jin blng d hati saya lw saya org pilihan,tpi tdk saya hiraukan

    oia wkt ngmng2 sendiri, t jin sempat berapa kali bilang ke saya lw saya keturunan Amir Dahlan,tpi saya jwb tdk tahu,anehx ada saudara saya dari kampung bru plng dari jakarta, mw nginap d rmh saya pdhl jrng ketemu dan juga saudara jauh,saudara saya pintar mslh Agama trs saya crtkan kejadian saya ke saudara saya,tentang saya yg d ggu jin jahat dan juga tentang Amir Dahlan,ternyata saudara saya tertarik dgn crt saya wkt t Jin blng lw saya keturunan Amir Dahlan,trs saudara saya msk ke kamar d ambilx laptop dan d putarx Film SANG PENCERAH d laptopx
    SUBHANALLAH saya terkejut ternyata Film SANG PENCERAH Ada Nama Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah,memang t film tentang pendirian Muhammadiyah,trs saya tanya ama saudara saya Amir Dahlan ama Ahmad Dahlan sama y,kata saudara saya sama,Amir itu bhasa Arab artix pemimpin,oia saudara saya itu ketua Muhammadiyah d kampung saya dan nginap d rmh saya dari pulang dari jakarta ada pertemuan Muhammadiyah,,,

    oia, saya awalx tdk tahu arti dan surah Apa Hasbunolloh wa ni’mal wakil ni’mal maula wa ni’man nasyiir
    trs saya cari d google,ternyata surah Ali Imran ayat 173 dan Subhanallah arti luar biasa CUKUPLAH Allah SEBAGAI PENOLONG KAMI DAN ALLAH SEBAIK-BAIKNYA PELINDUNG KAMI

    trs saya wiridkan sehbs shlt fardhu 7x,dan aneh wkt wiridan bru 1x membacax tangan saya bergerak2 dgn tngn mengencang kaya ada energi dan jga wkt wiridan smbil saya biarkan tangn saya bergerak saya merasa d tangan saya, saya memegang sesuatu, hati saya blng ada benda goib d tngn saya,tapi saya tdk tahu benda apa,,,

    SAYA MOHON PENCERAHAN dari Mas Gus Itsna tntng pengalaman saya ini,dan benda Goib apa yg mendatangi saya dan apa bnr Amir Dahlan dan Ahmad Dahlan itu satu org dan betul tdk d badan saya terutama d tangan kanan saya ada org bersurban dan d tangan kiri saya ada 2 org yg berniat untuk membuat saya takabur dgn kemampuan yg saya miliki dan juga ada tdk d badan saya Energi negatif,,,

    saya sangat2 butuh Bantuan Mas Gus itsna,
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

    Wassalam,,,

  2. Mas Kamarul Zaman, tidak semua hal harus diketahui dan pasti baik bila mengetahuinya. Orang yang tahu akan terkena musibah biasanya dia sudah sedih dan tersiksa sebelum musibah sebenarnya datang. Padahal belum tentu akan terjadi benar2. Sebaliknya orang yg merasa menang sebelum bertanding biasanya akan terlalu bahagia sebelum kemenangan sebenarnya terjadi. Padahal bisa saja, ternyata, dia kalah. Akhirnya dia terlalu sakit dan menderita dalam kekalahan yg tidak disiapkannya.

    Menurut saya, syukuri saja bahwa Mas sekarang sehat wal afiat mampu menjalankan roda kehidupan sehari-hari dg baik dan beribadah dengan tekun kepada Allah SWT.

  3. Tidak ada yg mendahului ALLAH SWT Mas. Bersandarlah sepenuhnya kepada-Nya.. pasti Mas tidak akan pulang dengan tangan hampa..

  4. Kamarul Zaman

    Terimakasih banyak Mas Gus Istna atas pencerahanx dan juga udah berkenan membalas comen saya,,

    semoga Allah swt membalas kebaikan Mas Gus Istna,,,

    Al-Fatihah 3x buat Mas Gus Itsna,,,

    oia Mas,bisa kah Mas Gus Itsna ajarin saya Cara mewiridkan Surah Ali imran Ayat 173 yg benar,soalx saya mewiridx habis shlt fardhu 7x saja,tpi skrng tdk bergerak2 lagi tangan saya,,,

  5. Terima kasih kembali Mas Kamarul Zaman.. Al-Fatihah juga buat Mas.. Untuk wiridnya, Mas bisa mengamalkan salah satu dari ijazah sirrul jalil yang sudah saya up load sebelumnya. Itu wiridnya hasbunallaHu wa ni’mal wakiil. Silakan dipilih ya Mas. Itu semua dulu saya benar2 belajar kepada para kiai dan ustadz. Dan saya alhamdulillah sudah diizinkan mengajarkan atau mengijazahkan kepada siapa pun. Semoga barokah dan manfaat..

  6. Kamarul Zaman

    Terimakasih banyak Mas Gus Istna,,,

    Mohon Do’a dan restunya ya Mas Gus istna

    Hasbunollooh wa ni’mal wakil ni’mal maula wa ni’man wakil 450x,saya wirid hbs shlt tahajut boleh tdk mas n Surah Ali Imran ayat 173 kira2 cocok dan jodoh tdk Mas ama saya

    Jujur Mas,saya ini kurang dlm Agama dan juga kurang tahu Masalah Goib,jadi mohon bimbinganx y Mas Itsan,,,

  7. Assalamu’alaikum Gus-e, mas Kamarul Z… Wah serem ya pnglmane mas Kamarul. Kl dulu sy nggayeng tdk serem gitu. Smg mas Kamarul sehat2 slalu, Amin. Nderek bibinahu Gus… Trnyata pake Falak ya? Pntesan hasbunalloh… 450, bismillah…786 tiba’e… Ma’af Gus sy cm smp Alfiyah dah keok,
    blm Juman boro2 Falak. Tp tenang, msh ada Gus-e bs bibinahu. Suwun Gus…

  8. testing2….nyoba coment ya mas gus…

  9. @@@@@@ IKUTAN Nyantri yah Gus @@@@

    Matur nuwun uraian: BILANGAN WIRID

    Perhitungan Bilangan Wirid ini juga
    Dipake dalam pembuatan WAFAQ / RAJAHAN

    BILA GUS tidak keberatan tolong diulas juga ttg WAKTU YG BAIK dalam pembuatan WAFAQ ….

    Matur nuwun Gus… Aku santri anyar
    Siapppp menyimak.

    Wassalam

  10. selamat Sore Gus….. tambah ganteng saja……. …. semoga selalu sehat……….

  11. Kamarul Zaman

    Mas Sidomulyo

    terimakasih banyak Do’ax,semoga Mas Sidomulyo juga sehat-sehat selalu,,,

    Salam kenal Mas Sidomulyo dari saya,,,

  12. sugeng sonten gus istna, mugi2 ing sonten meniko tansah kinayungan karaharjan lan smi wilujeng rahayu sedantenipun…..

    stunggal malih pelajaran engkang migunani tumraping kulo pribadi, amargi kulo piyambak saweg ngaos ngaji agami…..
    matur sembah nuwun

  13. Salam menjura penuh hormat pada semuanya wabil khusus shohibul blog, gus itsna. Numpang share tentang rahasia bilangan smg bisa menambah wawasan bagi semua pembaca. Awalnya sy cuek2 aja ketika dulu ada rekan yg bercerita tentang sunatulloh yg berkaitan dgn rahasia bilangan. dasar dari cerita rekan sy ialah kalamulloh, bahwasanya alloh telah bersumpah demi bilangan genap & ganjil dst. Diapun memberi sy bbrp contoh. Dikemudian hari sy praktekan ilmu tsb dgn tujuan iseng, ternyata yg terjadi sungguh di luar nalar! Efeknyapun benar2 tampak alamiah.(mis : di buat menjerat wanita, maka yg bersangkutan merasakan bahwa cintanya memang benar2 timbul dari dlm hatinya bukan karna faktor pengaruh jin, setan, dsb. Demikian juga bila di gunakan dlm hal lain, semuanya tampak alamiah) Subhanalloh . . .

  14. mantaph kang mas wiryo share pgalamanya dong kang biar santri2 d pondok gus itsna tambah pgetahuan he..
    Memg jarang2 org jamn skrg tau tentg rahasia huruf smga di pondok gus itsna ini d share scra gamblang dari kitab aslinya amien..
    Monggo d lanjut kang mas..

  15. @mr zm, salam kenal. Mari kita sama2 nunggu pembabaran selanjutnya dari gus itsna kang.

  16. salam knal jga kang mas wiryo dn smbil nunggu pembabaran kang mas gus itsna monggo kang mas wiryo di ba2r pgalamany ttg rahasia bilangan genap dn ganjilnya hek.hek..
    Email ane jga mash kosong kang mas wiryo hek.hek..
    mozaik_zm@yahoo.co.id

  17. @mr zm mohon maaf, bukanya sy pelit hanya sekedar berbagi pengalaman, tapi jujur sy org yg kurang mumpuni dlm merangkai kata. Seandainya sy bisa sprt dulur2 yg pintar dlm bahasa untuk berbagi, sy pasti sangat senang sekali. Mengingat firman alloh fi kitabihi ‘aziz fa amma bini’mati robbika fachadits.

  18. Assalamu’alaikum wr.wb

    @Gus Itsna dan para sahabat sekalian … saya ijin nyimak ya … wah muncul lagi ilmu falaknya …. ilmu yg pernah tak pelajari … tapi ndak mudeng2 …. bener apa Gus Itsna ini adalah ilmu falak atau ilmu hisab (nama dikalangan ahli hikmah) … benar seperti yg dicontohkan … ayat hasbunalloh wa ni’mal wakil … kalau dihisab hasilnya = 450.
    sama halnya kalau kita menghisab surah al-ikhlas (berdasarkan nilai hurufnya), hasilnya = 1002.

  19. Assalamu’alaikum wr.wb

    @Gus Itsna dan para sahabat sekalian …
    qubiltu mohon ijin……….mengamalkan

  20. Ki Lurah, dipersilakan untuk mengamalkannya.. monggo Ki. Mudah2an benar2 bermanfaat dan barokah kagem panjenengan.
    Kepada Semua Saudaraku di Pondok Gus Itsna, menjabat erat penuh persaudaraan dan hormat takdzim..
    Monggo dipun lanjut Poro Sederek..

  21. assalamu^alaikum wrwb guru ki gus itsna,, qobiltu ilmu hisabnya,nuwun

  22. muhhammad azfa alfajr

    assalaamu ‘alaikum wr wb. Gus istna dan para sahabatnya semua, saya mohon ijin untuk mengalkan ijazahnya.

  23. muhhammad azfa alfajr

    assalaamu ‘alaikum wr wb. Gus istna dan para sahabatnya semua, saya mohon ijin untuk mengamalkan ijazahnya.

  24. Assalaamu ‘alaikum Wr. Wb. Gus Itsna……………..

    Nderek ngangsu kawruh

    Matur nuwun………………
    Wassalam

  25. muhtar lutfi

    assalamualaikum.
    qobiltu gus… izin mengamalkn n mhn bimbingan.
    al fatihah sent..

  26. Jaka Ndhableg

    assalamu’alaikum..
    salam kenal dan ta’zdim kangge Gus Itsna.mhn ijin mengamalkannya..
    wassalam..

  27. SUBHANAULOH TRIMAKSIH, MOHON IJIN MENGAMALKANNYA

  28. Ngpunten gus,,, jd kalo wirid basmalah jumlahnya 687. Nyuwun penjelasannya. MatUr kasuwun

  29. asalamualaikum
    qobiltu.. mohon ijin mengamal kan ilmu falak nya,mudah”an berkah aamiin..

  30. Assalamu’alaikum wr.wb
    Gus qobiltu …
    Izin mengamalkan ilmu Falaknya Gus…

  31. dede herdiana yassin

    mohon izin…untuk menerima izajahnya..semoga allah memberi kekuatan dlm ketoatan

  32. Assalamualaikum Gus, saya Ima , mohon ijin dan trimakasih, mau curhat aja Gus……saya yakin Gus pasti ikhlas memberikan ijazahnya……….harapan sy semoga iman islam saya smakin baik dan segera dianugerahi jodoh yg terbaik dari Allah SWT, shalawat dan salam sy panjatkan kepada Baginda Rosululloh Nabi Muhammad SAW dan Al’ Fatihah 3X buat Gus dan rezeki yg Halal yg baik yg cukup dan terutama rezeki yg berkah agar selamat dunia akhirat dan dijauhkan dr fitnahan yg keji dan ditutup aib sy, dimuliakan dan ditinggikan derajat sy dan dijauhkan dr godaan setan yg terkutuk, amin ya Robbal alamin

  33. mohon izin …… di amalin ilmunya gus….semoga barokah dunia wal akhirohtp kalau bisa di tlis huruf arabnya karena ha (sesudah Dzal ) dan Ha (sesudah waw ) masih samar. Syukron

  34. asslamu’alaikum wr.wb. gus istna yg saya hormati saya minta ijazahnya dzikir hasbunalloh wani’mal wakil …… matur suwun

  35. GUS ISTNA YANG SAYA HORMATI. Bisakah abajadun digunakan untk menghitung hari baik segala hajar ? seperrti hari pernikahan, pergi dagang, sunatan, bangun rumah, dll. kalo bisa bagaimana caranya ? terima kasih atas tanggapannya

  36. muhamaad FiQIh

    mas gus dengan sgla hormat….saya minta amalan yg baik buat sya dan but kularga sya…sedikit curht mas gus hbungan sya sma kularga sya kurng harmonis dan cenderung sering diam diaman….

    klo sya bolehminta sya minta amalan yg bisa buat keluarga sya dan sodara”sya harmonis dan akur…mas gus..terimakasih sya tunggu blsan nya asalam’mualaikum wr wb

  37. miftahul khoir

    Masing Masing nama punya bilangannya sendiri untuk wirid amalan tertentu

  38. assalamu alaikum mas gun
    klo pengamalan ilmu falak untuk tau watak seseorang itu gmana yah??
    tolong tanggapannya,,,

  39. belajar bkin pandai. belajar itu syareat nya. alloh hakekat nya.

  40. Bambang kiswanto

    Assalamu’alaikum gus itsna…
    Qobitu..nderek ngamalken..mugi barokah..kagem pados jodo igkang sholikhah gus,saya prnah nikah,tp gagal gus,,dn trnyata stlah d’htung ngagem abajadun..jtuhnx sisa 2…

  41. Assalamua’alaikum.
    terimakasih sudah berbagi informasi tentang hitungan2 wirid, setidaknya saya sedikit banyak tahu mengapa harus mengamalkan dalam jumlah tertentu.
    Tapi bagaimana jika amalan2 itu berupa bacaan surat2 pendek, seperti al ikhlas atau an-naas. bagaimana mengitungnya? mohon informasi

    wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s