QUUTUL QULUUB 1

Bismillah walhamdulillah was-sholatu was-salamu ‘alaa rosulillah wa ‘alaa alihi wa shohbihii wa man waalah. Amma ba’dah.

Setelah saya pertimbangkan dengan matang, saya memutuskan akan menerjemahkan dan menjelaskan secara penuh kitab Quutul Quluub. Pertama saya tuliskan teksnya dalam bahasa arab. Disusul tulisan teks latinnya. Barulah saya terjemahkan ke dalam bahasa indonesia dengan cara yang, saya usahakan maksimal, mudah difahami. Kemudian saya tambahkan penjelasan saya dengan bahasa yang lebih bebas dan, mungkin dengan, penambahan contoh-contoh. Supaya lebih mudah lagi dalam memahaminya.

Dan hanya kepada Allah Kekasih Sejatiku, aku bersandar diri agar terus menuntunku didalam mewujudkan niat dan harapanku ini. Amin.

قوت القلوب – (ص 1)

Quutul Quluub halaman 1

بسم اللّه الرحمن الرحيم

Bismillahirrahmanirrahim.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang

الْمُقَدِّمَةُ

Al-Muqoddimah

Pendahuluan

الْحَمْدُ لِلّهِ الْأَوَّلِ الْأَزَلِيِّ قَبْلَ الْكَوْنِ وَالْمَكَانِ، مِنْ غَيْرِ أَوَّلٍ وَلَا بِدَايَةٍ،

Alhamdulillahi Al-Awwali Al-Azaliyyi qobla al-kauni wa al-makaani min ghoiri awwalin wa laa bidaayatin

Segala puji adalah milik Allah Yang Maha Pertama, Yang Maha Azali sebelum adanya segala sesuatu yang maujud dan sebelum adanya semua tempat, dengan tanpa awalan dan tanpa permulaan.

Penjelasan saya:

Maha Pertama itu artinya tidak berawal atau tanpa permulaan, bukan sekedar paling dahulu. Maha Azali itu berada di luar waktu dan tempat.

 الْآخِرِ الْأَبَدِيِّ بَعْدَ فَنَاءِ الْمَكْنُوْنَاتِ وَالْأَزْمَانِ بِغَيْرِ آخِرٍ وَلَا غَايَةٍ،

Al-Aakhiri Al-Abadiyyi ba’da fannai al-maknuunaati wa al-azmaani bighoiri aakhirin wa laa ghooyatin

Yang Maha Akhir, Yang Maha Abadi sesudah musnahnya segala sesuatu yang maujud dan sesudah musnahnya semua zaman atau waktu, dengan tanpa akhir dan tanpa ujung.

Penjelasan saya:

Maha Akhir itu maksudnya tanpa akhir yang berkesudahan, bukan sekedar yang terakhir. Maha Abadi itu artinya tidak lekang oleh waktu selama-lamanya. Allah itu tidak berubah dan tetap berada dalam keadaan-Nya yang sempurna selama-lamanya.

 الظَّاهِرِ فِي عُلُوِّهِ بِقَهْرِهِ عَنْ غَيْرِ بُعْدٍ، وَالْبَاطِنِ فِي دُنُوِّهِ بِقُرْبِهِ مِنْ دُوْنِ مَسٍّ،

Adz-Dzoohiri fii ‘uluwwihii bi qohrihii ‘an ghoiri bu’din, wa Al-Baathini fii dunuwwihii bi qurbihii min duuni massin.

Yang Maha Lahir (Maha Tampak) atau Maha Jelas ketinggian-Nya (kemulian-Nya) dengan keperkasaan-Nya yang tanpa berada di kejauhan. Dan Yang Maha Batin dalam kedekatan-Nya dengan dekat  yang  tanpa bisa disentuh.

Penjelasan saya:

Allah Maha Lahir (Maha Tampak) itu artinya Allah adalah Zat Yang Paling Nampak dalam segala sesuatu. Tidak ada sesuatu, apa pun itu, yang tidak menunjukkan keberadaan Allah SWT sebagai Pencipta Yang Sempurna. Sehingga bagi orang yang benar-benar berfikir dengan jernih dan mendapatkan hidayah Allah pastilah ia akan menemukan Allah di manapun dan pada apa pun. Begitu lahirnya dan begitu tampaknya hingga seorang saalik (penempuh jalan sufi) yang mencapai maqomul fanaa’ (kedudukan wilayah atau kewalian yang lebur dalam Allah) tidak akan menemukan wujud lain selain Allah SWT. Inilah yang disebut dengan Laa maujuuda illallooh tidak ada yang maujud (secara hakikat) kecuali Allah.

Allah Maha Batin itu artinya Allah adalah Zat Yang Paling Dekat atau Paling Intim dengan segala sesuatu. Kalau kita berbicara di dalam hati, misalnya membatin sesuatu, seolah-olah kita sendiri yang mendengar dan mengerti. Ternyata tidak wahai saalik, sekali-kali tidak. Allah mendengar dan Allah mengerti lebih jelas sejelas-jelasnya dan lebih total setotal-totalnya dari pada Anda dan hati Anda sendiri. Jadi kalau Anda merasa hati itulah batin Anda yang  memang demikian kenyataannya. Maka ketahuilah, Allah Yang Maha Batin lebih batin bahkan paling batin dari pada batin Anda sendiri.

10 pemikiran pada “QUUTUL QULUUB 1

  1. assalamu’alaikum

    sugeng enjang lan absen pagi rumiyen….

  2. mantaaph pa ustad ini bner2 sbuah trobosan trbaru dalam brkarya d dunia maya insya allah ini sgat brmanfaat dn membntu para pgunjug blog pondok gus itsna dalm memahami sbuah kitb dgn sejelas-jelasnya.. Trutama bwt ane sndri pak ustad he..he..
    Alfatihah trkirim bwt pemilik blog pondok itsna smga tetap dalm rahmat dn hidayah allah..

  3. ki Karang Jati

    @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@

    Wah wah wah per bab
    Yah Gus…..

    Kagaksabar.com

    @@@@@@@@@@@@@@@@@@@

  4. NakMas, Wa’alaikumsalam wr wb.. hormat takdzim katur panjenengan..
    Mr ZM.. terima kasih atas perhatian panjenengan.. hormat takdzim kagem panjenengan njih..

  5. Ki Karang Jati.. Insyaallah saya berusaha secara mendetail. Tujuannya agar kita mendapatkan gambaran yg utuh dan menambah kekuatan tauhid kita, insyaallah..

    Dari postingan di atas, kita mendapatkan penjelasan setidaknya 4 asmak Allah. Yakni asmak Allah Al-Awwalu, Al-Akhiru, Adz-Dzohiru, dan Al-Bathinu. Dengan memahami dan menyelaminya, insyaallah kita akan sampai kepada ketauhidan yang benar dan mendalam. Dengan ini pula, kita bisa menghayati dengan benar, ketika kita mewiridkannya. Sehingga mudah2an akan membawa kita bisa wushul atau sampai kepada tujuan yg benar, Allah SWT..

  6. Ki Karang Jati.. setahu saya kitab ini belum ada yang menerjemahkan. Maaf kalau ada, hanya setahu saya belum ada. Jadi ini niat saya sekaligus menerjemahkan sedikit demi sedikit. Sekaligus mengarsipkan keilmuan para wali Allah. Agar bisa diambil manfaatnya oleh generasi penerus sampai waktu di mana Allah menakdirkan kiamat kepada alam ini..

  7. Salah seorang guru saya pernah memberikan ijazah. Barang siapa membaca Ya Awwalu Ya Akhiru Ya Dzohiru Ya Bathinu sebanyak-banyaknya akan diberikan kefahaman terhadap ilmu yang mendalam. Bagi orang yang sulit belajar bisa mengamalkan wirid ini sebanyak-banyaknya. Tentu dengan pemahaman dan penghayatan yg benar seperti di atas..

  8. suwun gus,izin copas:) smg manfaat tuk saya sendiri khususnya,maturnuwun sanget niki

  9. wong pengen bayar hutang

    asslmkm wrwb pak yai gus istna..

  10. riko pranata

    salam hormat penuh takdzim dan pesadaraan gus..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s