TIGA JALAN (LQ 3)

Para Pembaca dan Penyimak Blog Gus Itsna yang saya muliakan dan yang selalu dirahmati Allah SWT. Berikut ini adalah lanjutan dari kitab Lathaiful Qolbi (LQ). Mari kita ikuti bersama dengan seksama dan memohon bimbingan dan petunjuk dari-Nya.

(Fasal) Ahli thoriqoh mengatakan: jalan mencapai whusul kepada Allah itu ada tiga, yaitu:

1. Dzikir Khofi

Dzikir Khofi artinya dzikir yang samar atau rahasia. Maksudnya, dzikir yang dilakukan di dalam lathoif (titik-titik lathif di dalam tubuh) yang dihadapkan kepada Allah saja. Dzikir ini juga harus disepikan dari khowathir. Khwathir adalah gerakan-gerakan hati yang berupa keinginan dan kehendak selain Allah SWT. Khowathir bisa muncul dari nafsu, bisikan setan, bayangan-bayangan semu dan keinginan-keinginan dunia. Itu semua harus dibersihkan. Jangan sampai mengingat kecuali hanya kepada Allah SWT saja.

2. Muroqobah

Muroqobah artinya mengontrol hati agar selalu fokus kepada Allah saja. Yakni, mengahadapkan hati kepada Allah SWT dengan awas dan waspada seperti waspadanya kucing yang mengawasi tikus. Kucing yang mengawasi tikus sangat fokus dan tidak membiarkan buruannya lepas. Lari ke mana pun dikejar sampai berhasil menangkapnya. Seorang yang muroqobah harus berjuang memfokuskan dirinya kepada Allah. Setiap perhatiannya berobah atau beralih dia harus segera berusaha mengembalikannya kepada Allah lagi, demikian seterusnya.

3. Melanggengkan Hadlir, Robithoh, dan Khidmah kepada Mursyd atau Guru

Maksudnya selalu berusaha menjaga hati agar selalu menghadirkan mata rantai gurunya yang bersambung sampai kepada Rosulillah SAW. Hal ini bisa dicapai dengan istiqomah menjalankan dzikir-dzikir yang sudah diperintahkan Sang Mursyid secara sungguh-sungguh. Selalu mendoakan guru-guru sanadnya dengan menghadiahkan alfatihah atau doa-doa yang lain disertai keyakinan kepada para guru, bahwa mereka itu secara ruhani benar-benar hadir dan membantu saalik dalam menempuh jalan makrifat kepada Allah. Itulah yang dimaksud dengan Hadlir dan Robithoh. Sedangkan Khidmah adalah melayani guru mursyidnya. Artinya selalu beradab dan bertatakrama, baik lahir maupun batin, secara istiqomah dan konsisten, kepada Guru Mursyid. Karena beliaulah yang berperan dalam jam’iyyah dan kaifiyah. Juga dikarenakan Saalik membutuhkan ridho dan doanya, yang mana ini adalah pendukung utama, untuk mencapai kemakrifatan kepada Allah SWT.

Tiga syarat atau tiga jalan di atas tidak mudah dilakukan para penempuh jalan yang haq kecuali dengan tiga bekal, yakni: ilmu, amal dan mujahadatun nafsi (memerangi hawa nafsu). Dan salah satu syarat agar saalik berhasil menempuh tiga hal di atas adalah harus SABAR dan RIDHO kepada hukum Allah.

Sampai di sini dulu. Mudah-mudahan ada manfaat dan barokahnya. Amin.

11 pemikiran pada “TIGA JALAN (LQ 3)

  1. Aslm,w,w. Msh menyimak gus, trima kasih atas pembabaranya.

  2. Assalamualaikum wr.wb
    salam hormat gus santri
    izin nyimak smoga manfaat dan barokah
    mulya tasikmalaya

  3. Assalamu’alaikum wr wb
    derek ngangsu kaweruh gus santri
    salam takdzim penuh hormat buat panjenengan
    nuwun

  4. Bapak Wiryo, wa’alaikumsalam wr wb.. Terima kasih selalu menyimak Pak.. salam penuh persaudaraan dan hormat takdzim katur panjenengan..

    Bapak Bigmoel, wa’alaikumsalam wr wb.. Terima kasih selalu menyimak Pak.. salam penuh persaudaraan dan hormat takdzim katur panjenengan..

    Bapak Mandor Turu, wa’alaikumsalam wr wb.. monggo sareng2 ngangsu kaweruh.. Monggo dipun babar kaweruh panjenengan.. Salam penuh persaudaraan dan hormat takdzim katur panjenengan..

  5. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum warohmatullahi wabarokatuh..salam ta’dhim wa takrim wabilkhusus buat Gus Itsna sekeluarga berilkut para santri, juga @mandor Turu, @Bigmoels, n @Wiryo..semoga semuanya sehat wal ‘afyat dalam naungan dan kasih sayang Allah selalu..
    @Gus Itsna: saya mohon ijin mengikuti kajian dan ijazah Kitab Sirrul Jalil, kebetulan kitabnya ada. Jadi, saya bisa ngelogat dari Bab pertama sampai akhir. Minta Do’anya semoga saya bisa mengamalkan dan memanfaatkan isi kitab Sirrul Jalilnya..

  6. zuma dil awwal

    assalaamu’alaikum..gus itsna..idjin nyimak gus..

  7. assalamu’alaikum…
    Salam hormat kagem @gus itsna
    msh selalu menyimak dan semakin semangat mengikuti kajian dr @gus itsna…

  8. SINGA MARANTEE

    @ Asswrwb.., gus..yg benarnya khotir..atau khowathir gus..mohon penjelasanya..

  9. hery sukamto

    Assalammualaikum

    Salam Taklim kagem Gus Itsna

    Nunut nyimak…..mugi mbarokahi….kagem sedayanipun,

  10. SINGA MARANTEE

    NYIMAK…

  11. Assalamu’alaikum…Ijin copy dan mengamalkan isi dlm pondok gus isna…moga bemanfaat….trimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s