SEPULUH PENDAHULUAN THORIQOH (LQ 4)

Bismillahirrahmanirrahim.

Para Pembaca dan Penyimak Pondok Gus Itsna yang saya muliakan dan yang selalu dirahmati Allah SWT. Berikut ini adalah lanjutan dari kitab Lathaiful Qolbi (LQ). Ini adalah dasar mengenal ilmu thoriqoh atau jalan spiritual yang ditempuh para saalik. Mari kita ikuti bersama dengan seksama dan memohon bimbingan dan petunjuk dari-Nya.

1. Nama Ilmu Ini

Ilmu ini disebut Ilmu thoriqoh.

2. Pengertian Ilmu Thoriqoh

Ilmu untuk mengetahui keadaan-keadaan nafsu dan sifat-sifat nafsu. Mana sifat-sifat madzmuumat (sifat-sifat buruk yang dicela oleh syari’at)? Dan mana sifat-sifat yang mahmuudaat (sifat-sifat baik yang dipuji oleh syari’at)? Sifat-sifat yang buruk diketahui untuk dijauhi. Sedangkan sifat-sifat baik diketahui untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Maudhu’ (lapangan pembahasan)

Ilmu Thoriqoh membahas mengenai Dzat Yang Maha Tinggi. Maksudnya, membahas Allah SWT, bukan Dzat-Nya. Bagi Tholibiin atau para pelajar (muriid atau saalik), membahas Allah SWT itu dengan dalil-dalil yang sohih, baik dari al-qur’an dan hadits maupun pikiran yang jernih. Sedangkan bagi para ahli makrifat yang sudah wushul hal itu diperoleh dengan persaksian (syuhud) dan ketersingkapan.

Pendapat lain, Ilmu Thoriqoh membahas pembersihan nafsu-nafsu, penjernihan hati dan penyucian ruh-ruh.

4. Tsamroh (Buah Ilmu)

Buah atau manfaat dari ilmu thoriqoh adalah bisa sampai pada pengosongan hati dari hal-hal selain Allah SWT. Juga bisa sampai pada menghiasi hati dengan dzikir, muroqobah, mahabbah, ma’rifat dan musyahadah kepada Allah SWT.

5. Hukum Mempelajarinya

hukum mempelajari Ilmu Thoriqoh adalah diperinci. Yaitu, Fardhu ‘ain bagi semua orang mukallaf (berakal dan baligh), jika mempelajarinya untuk membersihkan hati dari semua kotoran penyakit hati. Karena kotoran itu memang wajib dibersihkan bagi seorang mukmin. Dan bisa juga sunnah muakkad, jika mempelajarinya itu untuk meningkatkan maqom (kedudukan wilayah atau kewalian) di hadapan Allah SWT.

6. Fadlilah atau Keutamaan Ilmu Thoriqoh

Ilmu ini lebih utama dibandingkan ilmu-ilmu yang lain. Karena ilmu thoriqoh bisa untuk membersihkan hati dari semua kotoran dan penyakit hati. Hal itu semua dapat mengantarkan kepada ma’rifat billah. Sedangkan sampai kepada Allah (ma’rifat billah) adalah tujuan yang puncak dari setiap mukmin sejati.

7. Nisbat atau Hubungan Ilmu ini dengan Ilmu yang lain

Ilmu ini adalah pokok dari semua ilmu. Sebab ilmu ini membahas inti ketauhidan. Sementara tauhid adalah inti ajaran dalam agama islam. Sedangkan ilmu-ilmu lain adalah cabang dari ilmu ini.

8. Peletak Pertama (Wadli’) Ilmu Ini

Peletak Ilmu thoriqoh adalah Nabi Muhammad SAW yang menerima baiat dari Malaikat Jibril AS. Malaikat Jibril menerima dari Allah SWT. Kemudian Nabi membaiat para sahabat radliyallahu ‘anhum.

9. Istimdad atau Pengambilan Dasar Ilmu

Dasar ilmu thoriqoh adalah al-qur’an dan hadits Nabi Muhammad SAW serta penjelasan, keterangan dan petuah-petuah Para Ahli Ma’rifat.

10. Masalah-masalah ilmu Thoriqoh

Permasalahan di dalam ilmu thoriqoh adalah kaifiyah atau tata cara dzikir, talqin dzikir, robithoh, wuquful qolbi, maqom fana’, maqom baqo’, muroqobah dan musyahadah dsb.

Sampai di sini dulu dan bersambung pada tulisan selanjutnya. Mudah-mudahan ada manfaat dan barokahnya bagi kita semua. Amin.

15 pemikiran pada “SEPULUH PENDAHULUAN THORIQOH (LQ 4)

  1. alhamdulillah pertamax

  2. Bapak Bingung, selamat atas pertamanya..alhamdulillah..
    Salam persaudaraan dan hormat takdzim..

  3. qobiltu..ditunggu bab selanjutnya

  4. Bengawan.Candhu

    @gusitsna…asswrwb…salam takdzim gus,nuwun sewu baru bs sowan kpd panjenengan kali ini,trmksh atas sgenap pencerahan jg sharenya jg ijazahnya,mhn ijjin nyantri dan menyimak disini gus,smg membawa berkah dan manfaat bagi kita smua dan membawa kita smkn dekat dgn Allah SWt dibawah asuhan dan bimibingan panjenengan….salam takdzim dan salam hormat…..nuwun…..

  5. Bapak Zenzen, sabar nggih..
    Bapak Kimas Bengawan Candhu, wa’alaikumsalam wr wb.. Salam takdzim ugi dan penuh hormat takdzim katur Panjenengan.. Monggo sareng2 belajar. Mugi2 wonten manfaat dan barokahipun.. Matur nuwun sanget rawuhipun panjenengan Kimas..

  6. Tetap menanti pembabaran selanjutnya..
    Salam takdzim penuh hormat buat gus itsna

  7. assalamualaikum wr wb,
    qobiltu Gus itsnan

  8. assalamualaikum gus…. salam dari orang pati…badhe nderek ngaji wonten blogipun njenengan….

  9. milu ngaji mbah gus bareng ro kiting

  10. wkkwkw….
    melu ndoprok nyemak….ro mbah elank…😀

  11. Semoga banyak yang mampir untuk “nyucrup ngelmu”
    di beranda Gus…

  12. Ketika kita haus akan ‘ngelmu’, ketika kita rindu pada “nJeng Nabi Muhammad,ketika kita mengharap balasan “Suwargo” silakan mampir di sini

  13. Gus, mohon maaf gus, saya mau menanyakan pendapat Gus Itsna tentang percakapan ini http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7354464 mohon bimbingannya gus

  14. alhamdulillah dpt lg!nuwun pak yai gus itsna pmbabaranipun,salam

  15. assalamu’alaikum gus…bisa di sharingkan guru thoriqoh dikudus siapa ya? kalau saya pengen belajar lebih jauh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s